Mudzakarah 5 Amal Maqomi - Musyawarah Harian 1

Salah satu dari amal masjid ini adalah fikir harian (atau musyawarah harian, red). Fikir akan mendorong dan menuntuk kepada amalan. Sejauh mana dia berfikir, maka sejauh itu pula amalan akan terdorong. Syeikh Ehnamul Hassan mengatakan, "Allah SWT memberikan dua kemampuan atau dua kekuatan kepada manusia. Pertama adalah kekuatan untuk berpikir, dan kedua adalah kekuatan beramal." Kepada siapapun, Allah SWT telah memberikan dua kekuatan ini.

musyawarah fikir harian
Ilustrasi mujahidin

Pada saat sekarang, fikir dunia telah menyelubungi fikir akhirat dan fikir ummat. Sehingga kita lihat dimana-mana terdapat kemajuan dunia, sedangkan kehidupuan beragama menjadi lemah. Kita ingin merubah situasi semacam ini. Dan ini harus dirubah. Bagaimana supaya fikir dunia ini berubah menjadi fikir agama. Fikir akhirat dan fikir ummat harus masuk secara kuat ke dalam hati sanubari. Pada saat fikir ini masuk ke dalam otak dan hati sanubari, maka usaha atas amal mulai bergerak. Karena itu, para masyaikh menyarankan kepada kita, supaya setiap habis mengerjakan salah satu sholat fardhu berjamaah di masjid, kita duduk bersama bermusyawarah memikirkan tentang agama.

Agar diusahakan sebanyak mungkin orang-orang yang sholat berjamaah di masjid, ikut duduk dalam musyawarah dan diberi motivasi serta gairah untuk memikirkan agama. Cari salah satu waktu sehabis sholat fardhu, yang memungkinkan banyak orang dapat berkumpul bersama. Inilah yang disebut fikir harian.

bersambung.

0 Response to "Mudzakarah 5 Amal Maqomi - Musyawarah Harian 1"

Post a Comment