Kargozari Dakwah di Jepang

Jepang termasuk dalam kategori negeri jauh. Hanya karkun yang sudah keluar IPB dan amalan maqomi terjaga yang diijinkan pergi dakwah ke Jepang. hal itu nggak berlebihan karena metodenya yang berbeda dengan yang lain.

Kebetulan ane di Jepang bukan berarti ane karkun yg memenuhi spek itu. Ane ke negerinya kaisar ini ditugaskan oleh negara untuk belajar. jadi seberapa amalan ane, ya mau tidak mau harus ikutan keluar 3 hari di Jepang.

Tipologi Masyarakat

Orang Jepang rata-rata atheis. Mereka menganggap agama sebagai kebudayaan saja. jadi biasa mereka menikah di gereja tapi meninggal ala Jepang.

Muslim Jepang rata-rata pendatang dari Pakistan dan Bangladesh. Selain itu juga student dari negara muslim. Termasuk Indonesia dan Malaysia sebagai penyumbang student terbesar. Banyak juga Kenshuse, pekerja magang dari Indonesia yang ada di Jepang.

Orang Jepang asli yang muslim masih sedikit. Namun demikian ada juga yang menjadi karkun josh orang asli Jepang.

Makanan Halal
Sudah banyak halal food di Jepang, jadi jika antum mau keluar di Jepang nggak perlu bawa makanan dari Indonesia. Kecuali antum yang memang harus makan makanan jenis tertentu. Beda lagi itu.

Bagaimana amalan dan program
Program sedikit berbeda, biasanya jaulah bakda maghrib. Karena orang islam jauh jauh, jadi jaulah memakai mobil. Bisa jadi sudah jauh datang orangnya tidak ada. jadi jika dakwah ke Jepang siapkan diri dan mental untuik bersabar. Maklum muslim masih minoritas. Tapi pemerintah Jepang sangat menghormati orang muslim. jadi jika suatu saat kita waktu sholat dan jauh dari masjid, kita bisa sholat di sembarang tempat asal tidak mengganggu orang. Siapkan juga sajadah karena bisa jadi tempat situ dipakai kencing anjing. Anjing banyak sekali di Jepang. Tapi mereka diikat semua dan tidak galak.

Musim panas
Musim panas terjadi pada bulan Mei sd September. Ekstra hati hati jika keluar di Jepang pada muslim panas. karena antum harus lebih banyak menunduk dalam dalam. Harus sering berdoa Allahumma innni audzubika min fitnatin nisa.

Musim DIngin
Musim dingin biasa bulan Desember sd Februari. Suhu bisa minus. Oleh karena itu siapkan diri. Karena orang dari Indonesia paling tidak betah kedinginan.

Jangan Ketasykil
Inilah kenapa tertib para ulama yang melihat amalan karkun yang mau ke Jepang. Karena jangan sampai ketasykil dunia yang memang sedap dipandang di Jepang.

Rumah sempit sempit
Cobaan bagi yang keluar masturah. Rumah di Jepang sempit sempit. Seringkali juga "terpaksa" diinapkan di rumah karkun yang "belum memenuhi syarat". Hal ini terpaksa dilakukan karena kondisi umat islam dan karkun yang berkeluarga dan sudah pernah keluar masih sedikit.

Markas
Di Jepang malam markas malam minggu. Ada beberapa markas di Jepang. Tetapi yang terbesar di Sin ANjou. Jepang tengah. Bayan markas dilakukan dalam berbagai bahasa. Mimbar utama memakai bahasa mubayin nya kebetulan dari negara mana. Selain itu khalqah2 dibuat dalam bahasa masing masing.
Ini adalah lokasi sin anjou, markas Jepang tengah
google map 34.9567428,137.074714

sumber

google map

1 Response to "Kargozari Dakwah di Jepang"